Tips & Triks Mobil

Tips & Triks Pemeliharaan Mobil

Ini benar-benar tidak sulit untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi baik. Berikut adalah dasar-dasar:
 
- Baca manual mobil Anda pemilik, ia memiliki semua informasi tentang perawatan mobil serta tindakan pencegahan keselamatan.
- Jauhkan semua cairan (misalnya oli mesin, cairan transmisi, pendingin, dll) bersih dan diisi ulang.
- Ikuti jadwal perawatan Anda, ada sejumlah hal yang perlu secara teratur diservis atau diganti pada interval tertentu (misalnya rem, filter udara, timing belt, busi, dll)
- Periksa tekanan ban secara teratur.
- Mengubah Anda wiper jika mereka tidak bersih benar.
- Cuci dan lilin kendaraan Anda sekali-sekali untuk menjaga selesai mobil mengkilap dan dilindungi dari korosi.
- Menangani masalah secepat mereka muncul, sebelum mereka menjadi lebih serius dan memerlukan perbaikan yang mahal.
- Gunakan hanya bagian asli.
- Setidaknya sekali setahun memiliki mobil Anda check out di sebuah garasi. 

Bagaimana memeriksa oli mesin 
Periksa oli mesin secara teratur, terutama jika Anda melihat bahwa tingkat minyak turun antara perubahan minyak. Oli mesin mendinginkan dan melumasi mesin. Mengemudi dengan tingkat minyak yang sangat rendah dapat menyebabkan masalah mesin.
Memarkir kendaraan Anda pada permukaan tanah. Mengatur rem parkir. Pastikan transmisi dalam "Park". Menghentikan mesin. Tunggu satu atau dua menit untuk membiarkan oli mesin mengalir ke dalam panci minyak. Tarik dipstick oli mesin. Jika Anda tidak tahu di mana itu berada, cek panduan pemilik , biasanya memiliki pegangan yang terang mengatakan "Minyak Engine". 




Lap dipstick off. Masukkan kembali sepenuhnya. Menariknya keluar lagi dan memeriksa tingkat minyak.







Tingkat minyak harus antara "rendah" dan "Penuh" tanda. Dalam foto ini tingkat OK dan minyak tampak bersih. 




Periksa kondisi minyak: Jika itu terlalu hitam, seperti dalam foto kiri, itu pasti waktu untuk mengubahnya. Jika cokelat, tapi bersih dan transparan, seperti di foto kanan, itu OK. Jika oli mesin memiliki "kopi dengan susu" warna itu berarti bahwa mesin pendingin bercampur dengan minyak. Ini adalah tanda dari beberapa masalah mesin internal, seperti, misalnya, bocor paking kepala - memiliki mobil Anda diperiksa.
Jika minyak terlihat OK, tapi tingkat rendah, Anda hanya dapat top itu. 


Untuk top up oli mesin gunakan jenis minyak, misalnya, jika Anda pemilik manual atau tutup pengisi minyak menunjukkan SAE 5W-20, SAE 5W menggunakan-20 minyak. Jika mesin Anda membutuhkan minyak sintetis, hanya menggunakan minyak sintetis. Anda dapat menemukan jenis minyak direkomendasikan untuk mobil Anda dalam manual pemilik Anda


 Untuk top up oli mesin gunakan jenis minyak, misalnya, jika Anda pemilik manual atau tutup pengisi minyak menunjukkan SAE 5W-20, SAE 5W menggunakan-20 minyak. Jika mesin Anda membutuhkan minyak sintetis, hanya menggunakan minyak sintetis. Anda dapat menemukan jenis minyak direkomendasikan untuk mobil Anda dalam manual pemilik Anda



Mesin pendingin (antifreeze) 

Visual memeriksa tingkat mesin pendingin dalam tangki meluap. Manual pemilik Anda memiliki arah. Tingkat harus antara "rendah" dan "Penuh" tanda (Jangan membuka tutup radiator atau tangki bertekanan topi meluap ketika mesin panas Sistem pendingin di bawah tekanan ketika panas!) Jika tingkat pendingin rendah. , Anda dapat top itu disarankan menggunakan jenis pendingin yang dicampur dengan air. Sekali lagi, petunjuk pemilik Anda memiliki cara yang tepat untuk melakukannya. 

 Tambahkan pendingin hanya ketika mesin dingin. Gunakan hanya pendingin mesin yang direkomendasikan. Kadang-kadang pendingin mesin sudah dijual dicampur dengan air dan kadang-kadang Anda harus mencampurnya. Periksa petunjuk pemilik Anda atau membaca petunjuk pada botol pendingin. Hati-hati tambahkan cairan pendingin ke dalam tangki meluap untuk membuatnya antara "RENDAH" dan "LENGKAP" tanda. 


Jika tingkat pendingin turun dalam waktu singkat setelah topping up, mungkin ada kebocoran. Memiliki sistem pendingin diperiksa - kurangnya pendingin dapat menyebabkan mesin terlalu panas yang dapat menyebabkan kerusakan serius.  





Ban 
 Periksa tekanan ban secara teratur - setidaknya sekali sebulan. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur tekanan ban, itu benar-benar layak untuk mendapatkan satu yang baik. Anda dapat menemukan tekanan ban yang direkomendasikan di petunjuk pemilik atau pada plakat tekanan ban (lihat foto), yang mungkin terletak di kusen pintu pengemudi, di dalam tutup tangki bensin atau di dalam kotak sarung tangan. 

Mengukur tekanan ban ketika ban masih dingin







Pompa atau mengempis dengan tekanan yang direkomendasikan. Tekanan maksimum yang tercantum pada ban TIDAK tekanan yang tepat! 






Wiper kaca depan 
Ganti wiper setidaknya sekali setahun atau lebih awal jika mereka tidak membersihkan kaca dengan benar. Jika Anda masih memiliki wiper asli dipasang, Anda hanya dapat mengganti karet isi ulang, mereka biaya hanya beberapa dolar dan dapat dibeli dari departemen bagian dealer lokal Anda. Periksa apakah jet kaca mesin cuci bekerja dengan benar. 
  



Baterai
Periksa kondisi baterai visual. Jika Anda melihat ada kebocoran, retak atau kerusakan lainnya - baterai harus diganti.
Pastikan terminal baterai yang ketat dan tidak berkarat. Terminal terkorosi akan menyebabkan masalah.




Bagaimana memeriksa cairan transmisi otomatis
Transmisi otomatis tergantung pada fluida transmisi untuk mentransfer tenaga mesin ke roda, memindahkan gigi, pelumas bagian yang bergerak dan pendinginan transmisi. Periksa cairan transmisi ketika mobil Anda dilayani dan mengubahnya seperti yang direkomendasikan.

Mobil yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk memeriksa tingkat cairan transmisi; beberapa memerlukan mesin untuk dimatikan (misalnya Honda), beberapa mobil tidak memiliki dipstick transmisi sama sekali dan cairan hanya dapat diperiksa di bengkel. Periksa manual pemilik Anda untuk prosedur yang tepat. Ini adalah bagaimana cairan transmisi diperiksa pada mobil yang paling: 
 Setelah kendaraan itu didorong untuk sementara waktu untuk membiarkan cairan transmisi hangat, tempat kendaraan Anda pada permukaan tanah. Mengatur rem parkir. Pastikan transmisi pada posisi "P" (Park). Tinggalkan mesin berjalan. Cari dipstick transmisi otomatis (manual pemilik Anda akan memberitahu Anda di mana dia berada). Tarik dipstick keluar

 Lap dipstik off dengan kain bersih bebas serat. Masukkan kembali sepenuhnya. Menariknya keluar lagi dan memeriksa tingkat cairan. Sebuah cairan transmisi mengembang ketika dipanaskan, sehingga jika mobil telah didorong untuk sementara (20-30 menit), tingkat transmisi harus antara "HOT" mark. Jika kendaraan dingin, tingkat harus antara "COOL" tanda. Periksa kondisi cairan: cairan yang sangat kotor dengan bau bakaran yang kuat adalah tanda peringatan masalah transmisi. Biasanya cairan transmisi otomatis harus bersih dan transparan, seperti dalam foto ini. 
 Pada kebanyakan mobil cairan transmisi baru datang merah (foto di sebelah kiri). Seiring waktu itu menjadi kecoklatan, seperti dalam foto di bawah. 

 Ini adalah bagaimana cairan transmisi sintetis terlihat setelah dua tahun mengemudi - itu masih bersih dan transparan.
Jika cairan Anda terlihat sangat gelap atau kotor, cek manual pemilik Anda, mungkin saatnya untuk mengubahnya. Beberapa produsen perlu mengubah fluida transmisi pada 30.000 atau 50.000 mil lain menentukan bahwa Anda tidak perlu mengubahnya - memeriksa apa yang manual mobil Anda pemilik
mengatakan
Jika kadar cairan transmisi rendah, Anda dapat top itu, tapi hati-hati untuk tidak melimpahi itu. Overfilling transmisi dapat menyebabkan masalah.
Ini sangat penting untuk hanya menggunakan tipe transmisi fluida tertentu - periksa manual pemilik atau cukup kunjungi dealer setempat Anda, mereka selalu memiliki cairan transmisi yang tepat di saham. Jenis cairan yang salah dapat merusak transmisi Anda. Bagaimana untuk top up cairan transmisi: Menggunakan saluran tipis, menambahkan sejumlah kecil cairan melalui pipa dipstick. Tunggu beberapa menit - biarkan cairan mengalir ke bawah. Periksakembali tingkat lagi jangan mengisi terlalu penuh