Tips & Triks Pemeliharaan Mobil
Ini benar-benar tidak sulit untuk
menjaga mobil Anda dalam kondisi baik. Berikut adalah dasar-dasar:
- Baca manual mobil Anda pemilik, ia memiliki semua informasi tentang perawatan
mobil serta tindakan pencegahan keselamatan.
- Jauhkan semua cairan (misalnya oli mesin, cairan transmisi, pendingin, dll) bersih dan diisi ulang.
- Ikuti jadwal perawatan Anda, ada sejumlah hal yang perlu secara teratur diservis atau diganti pada interval tertentu (misalnya rem, filter udara, timing belt, busi, dll)
- Periksa tekanan ban secara teratur.
- Mengubah Anda wiper jika mereka tidak bersih benar.
- Cuci dan lilin kendaraan Anda sekali-sekali untuk menjaga selesai mobil mengkilap dan dilindungi dari korosi.
- Menangani masalah secepat mereka muncul, sebelum mereka menjadi lebih serius dan memerlukan perbaikan yang mahal.
- Gunakan hanya bagian asli.
- Setidaknya sekali setahun memiliki mobil Anda check out di sebuah garasi.
- Jauhkan semua cairan (misalnya oli mesin, cairan transmisi, pendingin, dll) bersih dan diisi ulang.
- Ikuti jadwal perawatan Anda, ada sejumlah hal yang perlu secara teratur diservis atau diganti pada interval tertentu (misalnya rem, filter udara, timing belt, busi, dll)
- Periksa tekanan ban secara teratur.
- Mengubah Anda wiper jika mereka tidak bersih benar.
- Cuci dan lilin kendaraan Anda sekali-sekali untuk menjaga selesai mobil mengkilap dan dilindungi dari korosi.
- Menangani masalah secepat mereka muncul, sebelum mereka menjadi lebih serius dan memerlukan perbaikan yang mahal.
- Gunakan hanya bagian asli.
- Setidaknya sekali setahun memiliki mobil Anda check out di sebuah garasi.
Bagaimana
memeriksa oli mesin
Periksa oli mesin secara teratur,
terutama jika Anda melihat bahwa tingkat minyak turun antara perubahan minyak.
Oli mesin mendinginkan dan melumasi mesin. Mengemudi dengan tingkat minyak yang
sangat rendah dapat menyebabkan masalah mesin.
Memarkir
kendaraan Anda pada permukaan tanah. Mengatur rem parkir. Pastikan transmisi
dalam "Park". Menghentikan mesin. Tunggu satu atau dua menit untuk
membiarkan oli mesin mengalir ke dalam panci minyak. Tarik dipstick oli mesin.
Jika Anda tidak tahu di mana itu berada, cek panduan pemilik , biasanya
memiliki pegangan yang terang mengatakan "Minyak Engine".
Lap
dipstick off. Masukkan kembali sepenuhnya. Menariknya keluar lagi dan memeriksa
tingkat minyak.
Tingkat
minyak harus antara "rendah" dan "Penuh" tanda. Dalam foto
ini tingkat OK dan minyak tampak bersih.
Periksa
kondisi minyak: Jika itu terlalu hitam, seperti dalam foto kiri, itu pasti
waktu untuk mengubahnya. Jika cokelat, tapi bersih dan transparan, seperti di
foto kanan, itu OK. Jika oli mesin memiliki "kopi dengan susu" warna
itu berarti bahwa mesin pendingin bercampur dengan minyak. Ini adalah tanda
dari beberapa masalah mesin internal, seperti, misalnya, bocor paking kepala
- memiliki mobil Anda diperiksa.
Jika minyak terlihat OK, tapi tingkat rendah, Anda hanya dapat top itu.
Jika minyak terlihat OK, tapi tingkat rendah, Anda hanya dapat top itu.
Untuk
top up oli mesin gunakan jenis minyak, misalnya, jika Anda pemilik manual atau
tutup pengisi minyak menunjukkan SAE 5W-20, SAE 5W menggunakan-20 minyak. Jika
mesin Anda membutuhkan minyak sintetis, hanya menggunakan minyak sintetis. Anda
dapat menemukan jenis minyak direkomendasikan untuk mobil Anda dalam manual
pemilik Anda
Untuk
top up oli mesin gunakan jenis minyak, misalnya, jika Anda pemilik manual atau
tutup pengisi minyak menunjukkan SAE 5W-20, SAE 5W menggunakan-20 minyak. Jika
mesin Anda membutuhkan minyak sintetis, hanya menggunakan minyak sintetis. Anda
dapat menemukan jenis minyak direkomendasikan untuk mobil Anda dalam manual
pemilik Anda
Mesin
pendingin (antifreeze)
Visual
memeriksa tingkat mesin pendingin dalam tangki meluap. Manual pemilik Anda
memiliki arah. Tingkat harus antara "rendah" dan "Penuh"
tanda (Jangan membuka tutup radiator atau tangki
bertekanan topi meluap ketika mesin panas Sistem pendingin di bawah tekanan
ketika panas!) Jika tingkat pendingin rendah. , Anda dapat top itu
disarankan menggunakan jenis pendingin yang dicampur dengan air. Sekali lagi,
petunjuk pemilik Anda memiliki cara yang tepat untuk melakukannya.
Tambahkan
pendingin hanya ketika mesin dingin. Gunakan hanya pendingin mesin yang
direkomendasikan. Kadang-kadang pendingin mesin sudah dijual dicampur dengan
air dan kadang-kadang Anda harus mencampurnya. Periksa petunjuk pemilik Anda
atau membaca petunjuk pada botol pendingin. Hati-hati tambahkan cairan
pendingin ke dalam tangki meluap untuk membuatnya antara "RENDAH" dan
"LENGKAP" tanda.
Jika
tingkat pendingin turun dalam waktu singkat setelah topping up, mungkin ada
kebocoran. Memiliki sistem pendingin diperiksa - kurangnya pendingin dapat
menyebabkan mesin terlalu panas yang dapat menyebabkan kerusakan serius.
Ban
Periksa
tekanan ban secara teratur - setidaknya sekali sebulan. Jika Anda tidak
memiliki alat pengukur tekanan ban, itu benar-benar layak untuk mendapatkan
satu yang baik. Anda dapat menemukan tekanan ban yang direkomendasikan di
petunjuk pemilik atau pada plakat tekanan ban (lihat foto), yang mungkin
terletak di kusen pintu pengemudi, di dalam tutup tangki bensin atau di dalam
kotak sarung tangan.
Mengukur
tekanan ban ketika ban masih dingin
Pompa
atau mengempis dengan tekanan yang direkomendasikan. Tekanan maksimum yang
tercantum pada ban TIDAK tekanan yang tepat!
Wiper
kaca depan
Ganti
wiper setidaknya sekali setahun atau lebih awal jika mereka tidak membersihkan
kaca dengan benar. Jika Anda masih memiliki wiper asli dipasang, Anda hanya
dapat mengganti karet isi ulang, mereka biaya hanya beberapa dolar dan dapat
dibeli dari departemen bagian dealer lokal Anda. Periksa apakah jet kaca mesin
cuci bekerja dengan benar.
Baterai
Periksa
kondisi baterai visual. Jika Anda melihat ada kebocoran, retak atau kerusakan lainnya
- baterai harus diganti.
Pastikan terminal baterai yang ketat dan tidak berkarat. Terminal terkorosi akan menyebabkan masalah.
Pastikan terminal baterai yang ketat dan tidak berkarat. Terminal terkorosi akan menyebabkan masalah.
Bagaimana
memeriksa cairan transmisi otomatis
Transmisi otomatis tergantung pada fluida transmisi untuk
mentransfer tenaga mesin ke roda, memindahkan gigi, pelumas bagian yang
bergerak dan pendinginan transmisi. Periksa cairan transmisi ketika mobil Anda
dilayani dan mengubahnya seperti yang direkomendasikan.
Mobil yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk memeriksa tingkat cairan transmisi; beberapa memerlukan mesin untuk dimatikan (misalnya Honda), beberapa mobil tidak memiliki dipstick transmisi sama sekali dan cairan hanya dapat diperiksa di bengkel. Periksa manual pemilik Anda untuk prosedur yang tepat. Ini adalah bagaimana cairan transmisi diperiksa pada mobil yang paling:
Mobil yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk memeriksa tingkat cairan transmisi; beberapa memerlukan mesin untuk dimatikan (misalnya Honda), beberapa mobil tidak memiliki dipstick transmisi sama sekali dan cairan hanya dapat diperiksa di bengkel. Periksa manual pemilik Anda untuk prosedur yang tepat. Ini adalah bagaimana cairan transmisi diperiksa pada mobil yang paling:
Setelah
kendaraan itu didorong untuk sementara waktu untuk membiarkan cairan transmisi
hangat, tempat kendaraan Anda pada permukaan tanah. Mengatur rem parkir.
Pastikan transmisi pada posisi "P" (Park). Tinggalkan mesin berjalan.
Cari dipstick transmisi otomatis (manual pemilik Anda akan memberitahu Anda di
mana dia berada). Tarik dipstick keluar
Lap
dipstik off dengan kain bersih bebas serat. Masukkan kembali sepenuhnya.
Menariknya keluar lagi dan memeriksa tingkat cairan. Sebuah cairan transmisi
mengembang ketika dipanaskan, sehingga jika mobil telah didorong untuk
sementara (20-30 menit), tingkat transmisi harus antara "HOT" mark.
Jika kendaraan dingin, tingkat harus antara "COOL" tanda. Periksa
kondisi cairan: cairan yang sangat kotor dengan bau bakaran yang kuat adalah
tanda peringatan masalah transmisi. Biasanya cairan transmisi otomatis harus
bersih dan transparan, seperti dalam foto ini.
Pada
kebanyakan mobil cairan transmisi baru datang merah (foto di sebelah kiri).
Seiring waktu itu menjadi kecoklatan, seperti dalam foto di bawah.
Ini
adalah bagaimana cairan transmisi sintetis terlihat setelah dua tahun mengemudi
- itu masih bersih dan transparan.
Jika cairan Anda terlihat sangat gelap atau kotor, cek manual pemilik Anda, mungkin saatnya untuk mengubahnya. Beberapa produsen perlu mengubah fluida transmisi pada 30.000 atau 50.000 mil lain menentukan bahwa Anda tidak perlu mengubahnya - memeriksa apa yang manual mobil Anda pemilik mengatakan
Jika cairan Anda terlihat sangat gelap atau kotor, cek manual pemilik Anda, mungkin saatnya untuk mengubahnya. Beberapa produsen perlu mengubah fluida transmisi pada 30.000 atau 50.000 mil lain menentukan bahwa Anda tidak perlu mengubahnya - memeriksa apa yang manual mobil Anda pemilik mengatakan
Jika
kadar cairan transmisi rendah, Anda dapat top itu, tapi hati-hati untuk tidak
melimpahi itu. Overfilling transmisi dapat menyebabkan masalah.
Ini sangat penting untuk hanya menggunakan tipe transmisi fluida tertentu - periksa manual pemilik atau cukup kunjungi dealer setempat Anda, mereka selalu memiliki cairan transmisi yang tepat di saham. Jenis cairan yang salah dapat merusak transmisi Anda. Bagaimana untuk top up cairan transmisi: Menggunakan saluran tipis, menambahkan sejumlah kecil cairan melalui pipa dipstick. Tunggu beberapa menit - biarkan cairan mengalir ke bawah. Periksakembali tingkat lagi jangan mengisi terlalu penuh
Ini sangat penting untuk hanya menggunakan tipe transmisi fluida tertentu - periksa manual pemilik atau cukup kunjungi dealer setempat Anda, mereka selalu memiliki cairan transmisi yang tepat di saham. Jenis cairan yang salah dapat merusak transmisi Anda. Bagaimana untuk top up cairan transmisi: Menggunakan saluran tipis, menambahkan sejumlah kecil cairan melalui pipa dipstick. Tunggu beberapa menit - biarkan cairan mengalir ke bawah. Periksakembali tingkat lagi jangan mengisi terlalu penuh